Dompu

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal 2
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Dompet Dhuafa)
search-Image

 

Dompet Dhuafa, yang secara harafiah berarti ‘dompet bagi masyarakat kurang mampu’, merupakan organisasi nirlaba yang dimiliki oleh masyarakat global yang berupaya mewujudkan pemberdayaan sosial secara global. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat sosial masyarakat paling miskin di seluruh dunia dengan mengelola usaha filantropi Islam, seperti Zakat, Infaq/Sadaqah, Waqaf dan dana halal dan sah lainnya yang disumbangkan oleh individu, kelompok, dan donor perusahaan. Dompet Dhuafa didirikan di Indonesia pada bulan Juli 1993, dan saat ini memiliki cabang di seluruh dunia, yakni di Cina (Hong Kong), Jepang, Amerika Serikat, dan Australia, serta mempunyai perwakilan di Mesir dan Korea Selatan.

Fokus Program: Literasi & Kepemimpinan

Program Sekolah Literasi Indonesia bertujuan membentuk sekolah model berbasis masyarakat yang fokus pada peningkatan kualitas sistem pengajaran dan budaya sekolah berbasis literasi. Program ini berupaya untuk meningkatkan kepemimpinan sekolah dengan menggunakan indikator peningkatan kinerja sekolah, sebagaimana tercantum dalam MPC4SP 2.0 (Makmal Pendidikan Criteria for School Performance). Instrumen tersebut memiliki enam kriteria yang fokus pada penguatan dua bidang kunci sebagai berikut:

A. Budaya sekolah (pembangunan karakter dan budaya literasi di sekolah)

  1. Pendidikan kepemimpinan
  2. Pembangunan karakter
  3. Lingkungan pembelajaran yang kondusif

B. Sistem pengajaran (pelaksanaan pembelajaran dan pengajaran dengan fokus pada literasi dan numerasi)

  1. Kepemimpinan pengajaran
  2. Kemampuan literasi
  3. Pembelajaran yang efektif

Program ini berjalan di 10 sekolah, bekerja erat dengan pemerintah daerah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah selama implementasi untuk meningkatkan kinerja sekolah secara keseluruhan.

Lokasi: Dompu, Nusa Tenggara Barat

Durasi: 12-Sep-18 hingga 31-Agt-19

Highlight program:

  • Meningkatnya kemampuan literasi dasar siswa
  • Meningkatnya praktik-praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya praktik kepala sekolah dalam memecahkan permasalahan di sekolah

Website: www.dompetdhuafa.org

Program rintisan: Pelibatan Masyarakat dalam Pembelajaran (BERSAMA)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan mengurangi ketidakhadiran di kelas awal pada 12 sekolah yang ditargetkan di Dompu (tiga madrasah dan sembilan sekolah reguler). Proses pra-rintisan di Desa Lepadi mampu memanfaatkan dana desa sebesar Rp 20 juta (dikonfirmasi siap pada kuartal pertama 2018) dan dukungan dari perpustakaan lokal Dompu sebesar Rp 50 juta untuk melaksanakan program rintisan BERSAMA. Dana desa digunakan untuk mendukung kegiatan rintisan di Lepadi. Guru dan orang tua secara sukarela memberikan waktu dan keahlian mereka. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja