Bima

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal & Pelibatan Masyarakat dalam Pembelajaran
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada Juli 2019 ini melanjutkan unit-unit dari short course literasi 1 pada paruh pertama 2019. Dalam tindak lanjut program rintisan ini, guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan literasi untuk kelas awal di kelas, termasuk membaca terbimbing, penilaian formatif, dan menjalankan catatan. Guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan mengimplementasikan kursus dalam pertemuan kelompok kerja guru yang rutin, berbasis gugus, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan kursus terjangkau dan dapat diimplementasikan lebih luas.

Program rintisan: Literasi & Numerasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Sahabat Pulau Indonesia)
search-Image

Sahabat Pulau Indonesia (SPI) adalah organisasi berbasis aksi berkelanjutan berbasis komunitas yang melibatkan kaum muda dan anak-anak lokal melalui serangkaian proyek pendidikan dan kerwirausahaan sosial di wilayah terpencil dan pesisir di seluruh Indonesia. SPI berakar pada gerakan kesukarelaan yang menyatukan kaum muda dengan beragam potensinya untuk berbagi dan memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk membaca, serta menciptakan program inovatif untuk mempercepat literasi di masyarakat. SPI memiliki jaringan yang kuat di komunitas pemuda, baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk swasta, NGO/LSM, badan PBB, dan pemerintah.

Fokus Program: Literasi dan numerasi        

“Sunbright from the East” (Matahari dari Timur) merupakan program terpadu yang berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi dengan memampukan aktor lokal seperti guru, pemuda setempat, dan siswa sebagai agen perubahan. Program ini dilaksanakan dengan kerja sama dengan 10 sekolah.

Tiga kegiatan kunci sebagai berikut dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut:

  1. “Guru sebagai agen perubahan” – memberikan pengembangan kapasitas bagi guru sekolah dasar lokal untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengajarkan literasi dan numerasi.
  2. “Rumah Baca Harapan” – sebuah perpustakaan masyarakat yang melibatkan pemuda lokal sebagai relawan, yang berfokus pada pelibatan anak-anak untuk meningkatkan tingkat literasi dan numerasi mereka dengan berbagai program yang mengasyikkan, seperti klab sains anak, hari membaca keluarga dan mendongeng, lomba-lomba, dan permainan papan raksasa.
  3. “Pusat Literasi dan Numerasi” – sebuah kelompok kerja pendidikan yang menghubungkan banyak pemangku kepentingan yang fokus pada bidang pendidikan.

Lokasi: Bima, Nusa Tenggara Barat

Durasi: 12-Sep-18 hingga 11-Jun-19

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya jumlah alat bantu pembelajaran

Website:

Program rintisan: Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (GEMBIRA)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk mengatasi hasil pembelajaran yang rendah dalam literasi dan numerasi. Penyebab hasil rendah ini berasal dari bahasa di dalam kelas. Kegiatan rintisan ini mendukung guru untuk merencanakan dan mengelola transisi dari bahasa ibu atau pengajaran bahasa local menjadi menggunakan Bahasa Indonesia sebagai media utama pengajaran dan penilaian kelas. Program rintisan ini bekerja dengan siswa kelas awal di 20 sekolah (dua madrasah dan 18 sekolah umum) di kabupaten Bima. Program rintisan ini selesai pada Juli 2019.

Di Mana Kami Bekerja