‘Yuk Berjuang’ Operasi Bilangan Penjumlahan dan Pengurangan

‘Yuk Berjuang’ merupakan salah satu media pembelajaran matematika yang saya buat, dan telah dipraktikkan di kelas saya sendiri, kelas III A SDN Balongdowo Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Munculnya media ini terinspirasi dari kegiatan saya sebagai fasilitator daerah (Fasda) INOVASI Kabupaten Sidoarjo.

Kata ‘Yuk’ merupakan kata ajakan dan  kata ‘Berjuang’ adalah sebuah singkatan yang mempunyai kepanjangan kata ‘Bermain Penjumlahan dan Pengurangan’. Jadi media ‘Yuk Berjuang’ artinya media dengan  mengajak anak bermain penjumlahan dan pengurangan.

Medianya sangat sederhana, baik dari segi bahan, pembuatannya, maupun penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Bahannya menggunakan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita, seperti gelas bekas air mineral, kertas karton, kertas manila, dan sedotan. Bahan-bahan tersebut  dibentuk menjadi kartu angka, kartu kata, dan kartu simbol operasi hitung. Sedotan menjadi media konkret untuk mempresentasikan banyaknya bilangan yang akan dimasukkan ke dalam gelas bekas yang telah ditempel di kertas karton sesuai dengan soal yang guru diberikan. Operasi bilangan (penjumlahan dan pengurangan) pun bisa diganti-ganti sesuai dengan soal yang diberikan oleh guru.

Menariknya, media ini dapat digunakan baik dalam pembelajaran secara individu maupun kelompok. Ketika saya menggunakan media pembelajaran ‘Yuk Berjuang’, para siswa terlihat senang dan antusias menggunakannya.

Wulan siswi kelas III A mengaku senang belajar dengan media ini, karena bisa belajar dan bermain penjumlahan dan pengurangan. Hal lainnya juga terlihat ketika saya meminta para siswa, baik secara individu maupun kelompok untuk mempraktikkan cara menyelesaikan soal cerita yang saya berikan. Mereka saling berebutan mengacungkan jari untuk maju menjawab dengan menggunakan ‘Yuk Berjuang’ ini di depan kelas. Suasana kelas pun menjadi semarak dan siswa terlihat senang dan sangat antusias ketika pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan media ‘Yuk Berjuang’ ini.

‘Yuk Berjuang’ Operasi Bilangan Penjumlahan dan Pengurangan