Ultrasi, Si Ular Tangga Numerasi

Alangkah senangnya bermain ular tangga. Apalagi bila ternyata sambal bermain ular tangga, anak dapat belajar matematika. Yang saya buat agar anak menyenangi pelajaran matematika adalah permainan ular tangga matematika yang saya beri nama Ultrasi (Ular Tangga Numerasi).

Permainan ular tangga yang berisikan 100 soal numerasi mempunyai daya tarik sendiri bagi siswa saya kelas 1D di MI Darussalam Candi Sidoarjo. Cara bermain Ultrasi ini sangat mudah dan membuat siswa enggan beranjak. Permainan ini bisa dimainkan berpasangan (2 siswa). Setiap siswa secara bergantian akan melempar dadu dan melangkah sesuai jumlah angka dadu. Setiap berhenti di kotak permainan sesuai angka dadu, siswa akan mendapatkan soal. Apabila anak tersebut tidak bisa menjawab maka dilarang untuk melanjutkan perjalanan hingga ke angka 100.

Dengan permainan Ultrasi ini seluruh siswa sangat senang karena mereka berpikir setiap langkah dalam kotak soal-soal numerasi yang menantang. Soal yang telah saya persiapkan disesuaikan dengan tema yang sedang diajarkan oleh siswa saat itu sehingga soal yang dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan.

Ultrasi, Si Ular Tangga Numerasi