Sidoarjo: Magic Mirror & Tangga Cerita

SDN Sawocangkring, sebuah sekolah dasar negeri berstandar SSN (Sekolah Standar Nasional) yang terletak di kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo, adalah salah satu sekolah yang ditunjuk dan diberi SK oleh Dinas Pendidikan sebagai sekolah inklusi. SDN Sawocangkring memang telah menjalankan sistim pendidikan inklusi sejak tahun 2009. Setahun sebelumnya, SDN Sawocangkring membuat pengajuan sebagai sekolah inklusi karena adanya beberapa ABK, di mana saat ini ada 35 ABK di SDN Sawocangkring dari total 238 peserta didik dan 14 tenaga didik.

Salah satu ketentuan sekolah inklusi adalah bahwa ia memiliki sedikitnya satu guru berlatarbelakang pendidikan khusus atau pernah mendapat pelatihan kompetensi ABK. Di SDN Sawocangkring ada Bapak Harum Kawaludin, yang memang berkonsentrasi di pendidikan inklusi sehingga kemudian memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai guru berprestasi tingkat nasional untuk jenjang SD-SMP penyelenggara inklusi di tahun 2016. Kemendikbud pun mengirimnya ke Australia untuk mempelajari kurikulum, sistem pendidikan, hingga media pembelajaran untuk murid inklusi.

Pelajaran yang dipetik dari kunjungan Bapak Harum ke Australia adalah bahwa seluruh sekolah di Australia menerapkan kurikulum diferensial yang mengakomodasi seluruh siswa di dalam kelas tanpa membedakan murid umum atau difabel, di mana bobot penilaian disesuaikan dengan kemampuan anak. Pihak sekolah pun mendorong dan memberi kesempatan padanya untuk berpartisipasi di berbagai kegiatan di luar sekolah,  mulai dari pelatihan sampai lomba di berbagai tingkatan. Sejak tahun 2010, ia pun menjadi pelatih yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim untuk pendidikan khusus. Ia memfokuskan diri dalam mengembangkan pendidikan inklusi, serta menciptakan berbagai inovasi terutama untuk ABK, seperti inovasi media pembelajaran “Magic Mirror” yang dibuat untuk membiasakan anak yang mengalami disleksia menulis huruf atau angka dengan benar dan “Tangga Cerita” yang ditujukan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan bercerita dalam rangka pembentukan karakter siswa.

Sidoarjo: Magic Mirror & Tangga Cerita