Puzzle Tangram untuk Belajar Bangun Datar

Pada awalnya, saya selaku guru kelas 3B di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo mengajarkan pengenalan bangun datar secara konvensional saja, hanya menggambar di papan tulis dan siswa membaca buku sehingga pembelajaran menjadi membosankan.

Tetapi dengan adanya pendampingan INOVASI di KKG berhasil mengubah mindset awal saya. Saya mulai berpikir bagaimana caranya membuat media yang bisa dipergunakan anak-anak sebagai mainan pada waktu istirahat. Akhirnya, saya membuat puzzle Tangram dari styrofoam yang saya bentuk menjadi berbagai macam bangun datar. Saya membuat puzzlenya warna-warni agar menarik untuk dipandang. Saya juga membuat berbagai macam puzzle, yaitu tangram segitiga, persegi panjang dan persegi.

Pada pembelajaran materi bangun datar, ada beberapa siswa yang masih bingung menentukan mana bangun datar trapesium dan jajar genjang. Dengan adanya media tangram ini, mereka mengetahui secara langsung mana bangun yang dimaksud. Awalnya, saya bagi kelompok terlebih dahulu, kemudian dibagikan puzzlenya untuk dimainkan sesuai undian yang mereka ambil sebelumnya.

Mereka kebingungan memainkan, setelah dicoba berkali-kali akhirnya mereka menemukan caranya. Bermain puzzle ini memang susah awalnya, tetapi jika sudah mengetahui bentuknya akan mudah dimainkan. Pada akhirnya, ketika jam istirahat berlangsung mereka senang sekali memainkan puzzle tangram. Terkadang mereka berkompetisi dengan teman sebaya siapa yang lebih cepat menyelesaikan puzzle tangram tersebut.

Puzzle Tangram untuk Belajar Bangun Datar