Provinsi NTB Memproduksi Buku Cerita Muatan Lokal

Kumpulan Buku Cerita (picbook) adalah hasil kolaborasi dari para pemenang Lomba Hari Aksara Internasional (HAI) 2020 yang dilaksanakan oleh Asosiasi Dosen LPTK NTB dan didukung oleh INOVASI. Selain mendapat hadiah dalam bentuk uang pembinaan, para penulis cerita anak diberi kesempatan untuk menghasilkan karya berupa buku cerita anak. Buku-buku cerita anak yang dihasilkan ini diharapkan akan menambah khasanah bahan bacaan anak-anak di NTB yang kontekstual.

INOVASI memfasilitasi para penulis untuk mengikuti workshop yang dimentori oleh penulis-penulis cerita anak senior serta ilustrator profesional yang bernaung di bawah bendera Forum Lingkar Pena. Workshop berlangsung secara daring selama tiga pertemuan. Dalam workshop tersebut, berbagai cerita-cerita terpilih diolah dan dikemas menjadi bentuk format ‘pictbook’ 24 halaman. Total ada 15 Cerita yang berhasil difinalkan, yang terdiri dari Cerita bertema K13 dan bertema Inklusi.

Setelah alur cerita dibuat dalam format ‘pictbook’ itu, para ilustrator terpilih kemudian memainkan perannya. Mereka membuatkan ilutrasi untuk tiap halaman pictbook. Ada empat ilustrator yang mengerjakan 15 buku Pictbook ini. Rata-rata dari mereka menyelesaikan Pictbook dalam rentang waktu 10-14 hari. Tiap ilustrator memiliki ciri khas tersendiri dalam karyanya. Hal ini membuat ke 15 buku Pictbook cerita anak ini hadir dengan gambar yang begitu beragam.

Keseluruhan proses Pictbook Cerita Anak telah selesai. Ini adalah karya dari para penulis dan ilustrator lokal yang ditemukan melalui pergelaran lomba Hari Aksara Internasional 2020. Cerita-cerita yang diangkatpun banyak berisikan muatan lokal NTB, baik itu yang berupa cerita rakyat, ataupun dalam bentuk cerita keseharian.  Ini diharapkan akan membantu anak-anak mencintai kegiatan membaca dan mempermudah mereka memahami apa yang dibaca karena itu dekat dengan keseharian mereka.  Lebih jauh, kehadiran buku ini diharapkan akan menjadi bagian dari kebangkitan budaya literasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Provinsi NTB Memproduksi Buku Cerita Muatan Lokal