Pohon Pintar Membuat Siswa Senang Berhitung

Penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan di kelas satu MI Ma’arif Candi-Sidoarjo. Untuk menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan yang mudah dipahami oleh siswa, saya sebagai guru kelas satu mencoba membuat media yang mendukung peningkatan aktivitas belajar, terutama operasi penjumlahan dan pengurangan.

Dalam media yang saya buat ini, siswa dapat belajar operasi penjumlahan dan pengurangan sampai bilangan 20 dengan bantuan benda konkret. Benda yang dimaksud adalah gambar buah yang ditempel pada pohon buatan yang saya beri nama ‘Pohon Pintar’. Pohon Pintar ini bisa difungsikan untuk operasi penjumlahan maupun pengurangan. Pada batang pohon dilengkapi dua lingkaran bertuliskan bilangan yang dapat berputar dan nantinya bilangan tersebut yang akan dioperasikan.

Pohon Pintar ini juga dilengkapi gambar buah yang nantinya akan digantungkan di atas pohon sesuai bilangannya. Setelah itu mereka harus menggeser bilangan di bawahnya sebagai hasil dari operasi penjumlahan atau pengurangan.

Dengan menggunakan media Pohon Pintar siswa akan lebih mudah memahami bahwa penjumlahan merupakan proses penggabungan dan pengurangan sebagai proses mengambil. Dengan tetap mengenalkan basis sepuluh sebagai basis bilangan untuk operasi hitung maka siswa tetap dapat mengaitkannya dengan nilai tempat suatu bilangan.

Cara penggunaannya sangat mudah, misalnya saja operasi penjumlahan. Pertama-tama siswa diminta memutar 2 lingkaran di batang pohon sehingga ditemukan angka 12 + 6. Nah, siswa kemudian diminta menyusun buah-buahan di pohon sebanyak 12 dan 6 sehingga ditemukan hasil operasi penjumlahan yakni 18. Siswa kemudian dapat menjawab operasi bilangan tersebut dan memasangkan angka 18 di akar pohon.

Pembelajaran melalui benda konkret merupakan cara untuk menanamkan konsep operasi hitung, sehingga belajar menjadi penuh makna. Siswa juga antusias mencoba melakukan operasi hitung ketika jam istirahat. Dan hal ini terbukti membuat siswa saya mudah untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan sampai dengan bilangan 20.

Pohon Pintar Membuat Siswa Senang Berhitung