Pohon Numerasi Memudahkan Belajar Penjumlahan dan Pengurangan

Pada waktu saya menjelaskan pembelajaran matematika, terutama dalam operasi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD Kedung Peluk Kecamatan Candi, ternyata siswa masih kurang paham, sehingga penilaian siswa masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) hingga 50%. Melihat kondisi tersebut, saya memutuskan untuk membuat media pembelajaran operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan.

Bahan yang digunakan sangat sederhana, yakni kertas karton dan kertas warna-warni. Awalnya saya buat di atas selembar kertas karton, pola pohon besar yang diberi kolom pengurangan dan penjumlahan. Sedangkan pada akar pohon saya lubangi dan dibuatkan kertas angka meteran yang diberi gambar angka 1 sampai seterusnya sesuai kebutuhan, sehingga bisa bergeser ke kiri-kanan. Saya juga membuat kartu angka mulai 1 sampai seterusnya sesuai kebutuhan yang nantinya akan ditempel di pohon operasi penjumlahan / pengurangan.

Cara pengoperasiannya sangatlah mudah. Pertama siswa menempelkan kartu angka di pohon, misalnya untuk operasi bilangan penjumlahan 5 + 2. Siswa tersebut mencari jawaban dengen menggeser angka meteran untuk mencari jawabannya. Siswa harus menggeser angka meteran pas di angka 7 yang berada di tengah akar untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Begitu pula saat operasi bilangan pengurangan.

Dengan cara seperti ini, siswa menjadi lebih aktif dalam menerima pembelajaran. Dengan menggunakan media pohon ini pada operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan dapat membawa keberhasilan KKM siswa sampai 90% saat mengerjakan soal-soal.

Pohon Numerasi Memudahkan Belajar Penjumlahan dan Pengurangan