Pizza OCHAN Latih Anak Belajar Pecahan

Untuk mengajarkan bilangan pecahan kepada siswa kelas 2 di SDN Gelam 1 Kecamatan Candi Sidoarjo, saya menciptakan media yang menarik yang diberi nama Pizza OCHAN (Operasi Hitung Pecahan).

Saya mengajak siswa membuat pizza tiruan dari bahan yang sederhana yakni kardus bekas dan styrofoam. Kardus tersebut dipotong menjadi bentuk lingkaran. Kemudian lingkaran tersebut dipotong menjadi 1/2, 1/3, 1/4, dan seterusnya sesuai soal cerita yang saya berikan. Misalnya: Ani membeli pizza dan memotong pizzanya menjadi 2 bagian untuk Ani dan adiknya. Buatlah potongan pizza menjadi 2 bagian yang sama untuk Ani dan adiknya. Maka siswa memotong pizza tersebut menjadi 2 bagian. Selanjutnya siswa saling bertukar cerita dengan temannya terkait pizza OCHAN yang mereka buat.

Pembelajaran dengan menggunakan media pizza OCHAN ini berjalan dengan sangat menyenangkan. Siswa kelas 2 di SDN Gelam 1 terlihat begitu antusias dan penuh semangat mempelajari operasi pecahan dengan lebih mudah. Sehingga materi operasi pecahan yang saya ingin sampaikan bisa sesuai dan tepat sasaran.

Pizza OCHAN Latih Anak Belajar Pecahan