KKG Mini Inovasi Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Siswa

Pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh INOVASI di tingkat Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus mendorong kami untuk lebih memberikan penguatan lagi di KKG mini di tingkat sekolah kami yang kami beri nama KKG Mini Inovasi.

Para guru bisa berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik, menyampaikan kesulitan atau kendala dalam mengajar, juga membantu memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Misal, jika ada guru kesulitan membuat media pembelajaran bisa mencontoh atau memodifikasi media pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru lain sesuai materinya. KKG mini yang kami lakukan sangat efektif dan merupakan solusi memecahkan permasalahan yang dialami oleh guru.

KKG Mini Inovasi lebih fokus membahas materi numerasi yang sudah dipelajari oleh guru-guru pada forum KKG di tingkat gugusRosyidah Rahmawati, guru kelas 1A telah membuat media pembelajaran ‘Nilai Tempat’ dari kertas karton. Hasilnya, anak-anak sangat senang dan mudah memahami nilai tempat karena bantuan media tersebut.

Sementara itu, Maulidatus Sholikhah, guru kelas 1B mencoba mengaplikasikan praktik yang sudah dilakukan Rosyidah namun dengan sedikit memodifikasi media pembelajaran tersebut sesuai dengan kondisi kelasnya. Saling berbagi ilmu dan pengalaman ini dilakukan dalam kegiatan KKG Mini Inovasi.

Para guru sangat senang dengan adanya kegiatan KKG Mini Inovasi yang dilaksanakan minimal sebulan sekali ini. Tidak ada rasa malu, gengsi, atau takut dalam forum tersebut, para guru bersemangat dan tidak ada beban. Mereka juga saling mengingatkan dan memberikan umpan balik. Dampak luasnya sekarang ini suasana kelas pun menjadi berbeda dari sebelumnya. Anak-anak sangat senang dan mudah memahami konsep numerasi, karena guru selalu menghadirkan media pembelajaran yang menarik siswa.

Setelah menjadi mitra INOVASI, memang banyak perubahan di MI kami yang terlihat. Ruang kelas pun menjadi nyaman dan indah. Dinding-dinding dipenuhi dengan hasil karya siswa, tiap ruang kelas ada sudut baca yang berfungsi sebagai media literasi siswa yang dapat meningkatkan minat baca. Sebagian media pembelajaran juga tidak luput terpampang di dinding sebagai latihan siswa di luar jam pembelajaran. Siswa lebih senang berada dalam kelas menikmati suasana kelas yang dipenuhi hasil karyanya sendiri.

KKG Mini Inovasi Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Siswa