Kenali Alhima Melalui Dongeng Numerasi

Salah satu cara yang digunakan untuk belajar matematika kelas 1 dan 2 adalah dengan memberikan cerita motivasi menarik yang dikemas melalui dongeng. Awalnya, saya menciptakan media berhitung penjumlahan dan pengurangan yang saya beri nama Alat Hitung Manual (Alhima). Nah, agar siswa tertarik menggunakan media tersebut maka saya membuat big book (buku besar) yang mendukung media Alhima. Tujuan dongeng numerasi ini untuk menarik minat siswa dalam berhitung dengan menggunakan media pembelajaran Alhima. Media Alhima sendiri merupakan media yang saya buat dengan memanfaatkan barang bekas seperti baskom dan gelas plastik sebagai media belajar penjumlahan dan pengurangan untuk siswa kelas 1 dan 2.

Sedangkan big book merupakan buku cerita bergambar yang terdiri dari enam halaman dengan gambar dan warna yang menarik. Saya menggambar dan mewarnai buku tersebut, kemudian saya lapisi dengan plastik.

Tokoh yang diambil dalam cerita adalah tokoh yang dekat dengan dunia anak seperti Monyet, Kelinci, dan Rusa. Dongeng sederhana ini jika dituturkan dengan gaya yang baik dan penuh penghayatan akan semakin menarik siswa yang terbawa oleh alur cerita, sehingga siswa tidak merasa kalau mereka sedang belajar matematika sambil mendengarkan dongeng.

Tema dongeng yang diangkat kali adalah tentang numerasi, yang berjudul ‘Alhima Sahabat Pintarku’. Dalam dongeng numerasi ini, diceritakan bahwa Simon sering mendapatkan hadiah kelereng dari sahabatnya Cici. Dia kesulitan menghitung jumlah kelereng tersebut, akhirnya Cici mengajaknya belajar berhitung kepada Kak Rusa. Karena Kak Rusa memiliki Alhima, yaitu alat hitung manual yang dapat memudahkan kita dalam belajar berhitung. Melalui alat pintar ini, akhirnya Simon senang dan pandai berhitung. Dalam dongeng numerasi tersebut, saya juga mengajak siswa cara berhitung yang praktis dan mudah.

Tujuan dongeng numerasi ini untuk menarik minat siswa dalam berhitung dengan menggunakan media pembelajaran yang telah saya ciptakan yaitu Alhima. Setelah mendengar dongeng numerasi yang disampaikan oleh guru, siswa semakin bersemangat dalam berhitung, berkreasi membuat soal-soal sendiri dan mempraktikkannya menggunakan Alhima. “Dampak dongeng numerasi ini membuat siswa semakin bersemangat dalam belajar matematika. Bahkan ada beberapa siswa yang bertindak menirukan tokoh Kak Rusa yang pandai berhitung. Mereka berupaya menjadi tutor teman-temannya untuk berhitung menggunakan Alhima.

Suatu kebanggaan bagi seorang guru jika melihat siswanya antusias. Pembelajaran matematika yang semula dianggap momok tertepis melalui praktik baik yang dilakukan oleh guru. Siswa yang tadinya kurang berminat dan enggan belajar berhitung menjadi semangat sedangkan yang tidak berani menjadi termotivasi untuk mencoba. Mereka ingin meniru tokoh monyet yang rajin dan tekun dalam belajar.

Dongeng numerasi ini, di samping berfungsi untuk membantu siswa memahami konsep matematika, mengatasi kesulitan belajar siswa, memberi petunjuk penggunaan media sederhana juga berfungsi sebagai hiburan yang segar bagi siswa. Melalui dongeng, pembelajaran berhitung menjadi mudah dan menyenangkan.

Kenali Alhima Melalui Dongeng Numerasi