Kartu Pecahan untuk Membantu Belajar Bilangan Pecahan

Sebagai fasilitator daerah INOVASI di Sidoarjo, saya wajib mendampingi guru khususnya dalam pembelajaran numerasi. Salah satunya adalah Titin Kusminarsih, guru kelas 1B SDN Balongdowo. Awalnya beliau mengalami kesulitan saat harus menjelaskan tentang bilangan pecahan. Muncul ide beliau untuk berinovasi menciptakan alat peraga matematika, tentang konsep dasar penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dari barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan.

“Saya melihat banyak anak-anak yang kebingungan dan tidak dapat memahami cara mengerjakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Sehingga saya berinisiatif membuat media peraga kartu pecahan yang menarik dan mudah dipahami oleh mereka,” ungkapnya.

Peragaan ini sebenarnya hampir sama dengan peragaan gambar yang diarsir. Blok pecahan yang digunakan sebaiknya yang berbentuk persegi, karena keping-keping pecahan dari persegi bentuknya sangat khusus. Dengan menggunakan kartu pecahan tersebut, siswa dapat bermain secara kelompok untuk membentuk jumlahan dari keping-keping pecahan yang diarsir pada bidang yang transparan.

Penggunaan alat peraga ini tidak begitu sulit. Pertama-tama guru memperkenalkan besaran pecahan masing-masing kartu pecahan pada siswa. Setelah siswa memahami dengan benar, siswa bisa mencoba menggunakannya untuk menghitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan. Salah satu contoh cara menghitung penjumlahan suatu bilangan pecahan yaitu misalkan satu perempat ditambah tiga perempat (1/4 + 3/4).

Siswa mengambil plastik mika yang dipotong menjadi 4 bagian (sesuai angka pembagi pada soal). Untuk menjawab soal, siswa mengambil 1 lembar mika ditambah tiga lembar mika. Selanjutnya siswa menghitung berapa lembar mika yang sudah mereka kumpulkan untuk menemukan jawaban soal. Setiap mika yang diambil untuk menjawab soal tadi diarsir sehingga terlihat jawaban soalnya. Dengan menggunakan kartu pecahan tersebut, siswa dapat bermain secara kelompok.

Anak-anak kelas 1 sangat antusias pada saat bermain kartu pecahan transparan yang dibuat oleh Titin Kusminarsih. Mereka dapat mencoba dan menghitung pecahan dengan mudah dan menyenangkan.

Kartu Pecahan untuk Membantu Belajar Bilangan Pecahan