‘Dekak-dekak’ Media Sederhana untuk Belajar Nilai Tempat

Pada saat melakukan pendampingan sebagai fasilitator daerah INOVASI di Kabupaten Sidoarjo, saya mendampingi Farina Dini Sukawati, seorang guru dari SDN Kedungpeluk 2 Kecamatan Candi Sidoarjo dengan kreativitasnya menciptakan media untuk mengajarkan nilai tempat pada pembelajaran matematika di kelas 2 agar menarik dan mudah dipahami yang diberi nama ‘Dekak-dekak’.

Ia menugaskan siswa kelas 2 untuk membawa sedotan minuman berbeda warna. Pembuatan media ‘dekak-dekak’ sangat mudah, yaitu dari kawat yang sudah aman (ujungnya dibengkokkan agar tidak tajam dan berbahaya), gabus atau styrofoam dan kertas buffalo berwarna.  Selain itu, juga gelas-gelas plastik yang telah diberi tanda ratusan, puluhan, dan satuan yang dibagikan pada masing-masing kelompok siswa. Gelas-gelas plastik tersebut berisi potongan sedotan warna merah, hijau, dan kuning. Merah untuk ratusan, kuning untuk puluhan, hijau untuk satuan.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Misalnya, angka 354, berapakah ratusannya, puluhannya, dan satuannya? Maka siswa mengambil sedotan merah 3 buah, 5 sedotan kuning, dan 4 sedotan hijau yang semuanya dipasangkan di kawat. Siswa pun bisa menjawab soal bahwa 354 terdiri dari 3 ratusan, 5 puluhan, dan 4 satuan. Melalui media ini, siswa kelas 2 terlihat lebih memahami materi nilai tempat pada pelajaran matematika.

 

‘Dekak-dekak’ Media Sederhana untuk Belajar Nilai Tempat