Biji Srikaya Sebagai Media Berhitung

Awalnya saya melihat banyaknya biji buah srikaya yang terbuang sia-sia di halaman rumah. Padahal biji buah srikaya dapat dimanfaatkan sebagai media berhitung.

Hal inilah yang membuat saya terinspirasi untuk memanfaatkan biji buah srikaya sebagai media berhitung di kelas, agar anak-anak bisa dengan cepat belajar berhitung.

Saya meminta siswa kelas 1D untuk duduk di lantai kelas dan membawa biji buah srikaya. Mereka kemudian mengelompokkan biji buah srikaya sebanyak 10 biji setiap kelompok atau berbasis 10. Setelah mereka mengelompokkan biji berbasis 10, kemudian mereka diminta menyelesaikan soal cerita terkait pengelompokan benda berbasis 10. Misalnya, dalam satu kantong terdapat 30 biji buah srikaya. Berapakah jumlah kelompok berbasis 10? Maka siswa akan memasukkan 3 kelompok biji berbasis 10 ke dalam kantong. Dari kegiatan tersebut siswa dapat menjawab bahwa untuk 30 biji buah srikaya terdapat 3 kelompok berbasis 10.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak membutuhkan waktu lama untuk menjawab seluruh soal. Mereka juga tampak senang dan sangat menikmati kegiatan pembelajaran.

Biji Srikaya Sebagai Media Berhitung