Bermain Tebak Angka dan Gambar dengan Cobil

Sebagai seorang guru kelas satu yang dihadapkan pada siswa dengan kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda, saya ingin dapat menanamkan konsep bilangan kepada seluruh siswa dengan berbagai kondisi.

Khusus pada bidang numerasi unit bilangan, masih banyak siswa yang masih belum mengerti arti bilangan dan angka tersebut. Saya kemudian berpikir untuk membuat media belajar yang menyenangkan, yaitu ‘Cobil’ atau Mencocokkan Bilangan. Cobil berguna untuk  memfasilitasi siswa dalam menghubungkan banyak benda, dengan jumlah bilangan yang ada, dan mencocokkan soal dengan jawaban yang benar.

Pembuatan media numerasi Cobil ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan bahan dari kardus bekas atau kertas bufallo warna yang dibuat kartu. Untuk gambar kumpulan bendanya bisa diambil dari potongan benda pada majalah bekas anak-anak yang sudah tidak terpakai.

Cara pembuatannya juga sangat mudah. Misalnya saya menulis angka 10 pada kartu. Kemudian pada kartu yang lain saya menempelkan gambar ayam berjumlah 10. Nah, nanti siswa akan mencocokkan atau memasangkan kartu angka 10 dengan kartu gambar ayam berjumlah 10.

Para siswa sangat tertarik untuk belajar bilangan dengan Cobil ini, mereka bergantian mencocokkan lambang bilangan dengan banyak kumpulan benda. Semangat belajar mereka bertambah dan saya mengamati ada peningkatan pada hasil belajar hampir seluruh siswa dengan menggunakan media ini.

Bermain Tebak Angka dan Gambar dengan Cobil