Bermain “Dadu Pintar” untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Oleh: M. Husen, S.Ag, guru kelas 3 MI As’adiyah Sukorame Pasuruan

Agar siswa bisa belajar serba-serbi tentang hewan, cara berkembang biak, dan cara hidup hewan sambil sekaligus berliterasi, saya membuat sebuah permainan sederhana bernama “Datar” atau “Dadu Pintar”. Datar ini terbuat dari kertas karton dan potongan gambar hewan. Cara penggunaannya adalah setiap gambar hewan ditutup dengan huruf depan nama hewan tersebut. Nantinya siswa akan diminta menebak nama hewan berdasarkan huruf depannya.

Selanjutnya siswa membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dariempat sampai lima siswa. Mereka juga menunjuk ketua kelompok. Setiap kelompok mendapatkan giliran untuk melempar dadu dan mendapatkan huruf sesuai nomor dadu. Misalnya saja kelompok I melempar dadu dan mendapatkan angka 6 = G. Maka ketua kelompok akan menebak dulu, huruf G di dalamnya terdapat gambar binatang apa. Apabila huruf G ternyata Gajah, maka kelompok itu harus mulai mencari tahu bagaimana cara berkembang biak gajah, cara mereka hidup, makanan mereka sehari-hari dan hal-hal terkait gajah. Sumber informasi yang digunakan bisa bermacam-macam, bisa menggunakan buku, maupun HP. Setiap kelompok diminta melempar dadu tiga kali untuk menebak tiga nama hewan.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, setiap kelompok mulai berdiskusi dan membuat laporan kelompok terkait binatang yang sudah berhasil mereka tebak. Laporan ditulis dalam satu halaman dan setiap kelompok akan mempresentasikan di depan satu persatu. Melalui media ini, anak semakin tangkas menulis, kolaborasi antar teman semakin kuat dan anak mampu mencari informasi tentang hewan di berbagai media.

Bermain “Dadu Pintar” untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa