Bermain ‘Anang Berang’ Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri

‘Anang Berang’ merupakan salah satu media hasil karya saya. Media ini merupakan media untuk melatih kreativitas siswa pada pelajaran matematika, karena dengan bermain dan belajar menggunakan ‘Anang Berang’ mampu melatih keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri dengan cara menggabungkan berbagai bentuk bangun datar pada tangram.

Media ‘Anang Berang’ ini sudah sesuai dengan Kurikulum 2006 Matematika pada materi Geometri dengan Kompetensi Dasar ‘Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat atau Unsurnya’. Saya buat ini agar siswa belajar sambil bermain sehingga konsep tentang bangun datar tetap bisa tersampaikan ke siswa. Media ini telah dipraktikkan di kelas III A SDN Balongdowo Kec. Candi Kab. Sidoarjo pada tahun ajaran 2018/2019.

Media ‘Anang Berang’ merupakan akronim dari Aku Senang Bermain Tangram. Tangram yang dimaksud ini adalah tangram bangun datar sederhana. Tangram  dibuat dari kertas karton dan dijadikan puzzle beberapa keping, mulai 5 keping, 6 keping, 7 keping, dan 8 keping. Setiap keping dibuat dengan bentuk bangun datar dan warna yang berbeda. Siswa diminta untuk menyusun kepingan tangram di dalam bingkai sehingga menjadi gambar utuh bangun persegi. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam merangkai kepingan tangram.

Pada saat menggunakan media ini, para siswa terlihat antusias dan senang sekali. Mereka bermain secara berkelompok. Mereka juga penasaran bagaimana cara menyusun kepingan tangram tersebut menjadi gambar utuh persegi yang disusun dalam bingkai. Kepuasan terlihat ketika para siswa dalam kelompok berpacu menyelesaikan tangram menjadi gambar utuh dengan waktu yang tercepat. Apalagi saat itu saya memberikan tangram dengan keping berbeda pada tiap kelompok. Persaingan ingin menjadi kelompok pemenang sebagai penyusun tangram tercepat membuat mereka sangat aktif dan tekun menyusun kepingan tangram di kelompoknya masing-masing

Sungguh sangat menyenangkan bagi siswa, karena siswa belajar mengenal bangun datar dengan bermain tangram. Dengan media ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan guru maupun siswa kelas awal.

Bermain ‘Anang Berang’ Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri