Banlus Membuat Soal Cerita Lebih Mudah

Proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik apabila guru memiliki  perencanaan dan perangkat mengajar yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Ketika saya mengadakan pendampingan di kelas, saya sering melihat siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita dalam pelajaran matematika.

Pada saat saya melakukan pendampingan, salah satu guru yang saya amati di sekolah yaitu Siti Mahnunah, guru kelas III dari SD Negeri Kedungpeluk 1 Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo melihat hasil belajar siswa tentang materi soal cerita. Nilai siswa 60% di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Ia merasa tidak puas dengan hasil belajar siswanya, padahal sebagian besar siswa kelas III sudah bisa membaca, tetapi setelah diadakan umpan balik/refleksi kebanyakan siswa merasa kesulitan dan kurang memahami soal cerita. Setelah kami berdiskusi, muncullah ide dari guru untuk memudahkan siswa, guru bertekad mengulang kembali materi soal ceritanya dengan Metode Banlus (Bantuan Ilustrasi).

Banlus Membuat Soal Cerita Lebih Mudah