Program rintisan: Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (kemitraan dengan Sulinama)

Yayasan Sulinama didirikan pada tahun 2001 di Ambon, Maluku. Yayasan ini bertujuan untuk membangun kapasitas masyarakat, individu, dan lembaga, dengan memberikan pelatihan dan fasilitas bagi mereka dalam hal kemampuan kejuruan praktis dan pendidikan non-formal berbasis bahasa ibu.Yayasan Sulinama bermitra dengan berbagai lapisan masyarakat, organisasi sosial, dan pemerintah dalam menjalankan upaya-upaya pembangunan tersebut.

Fokus Program: Pendidikan multilingual berbasis bahasa ibu

Program INOVASI dan Yayasan Sulinama, yang diterapkan di 9 sekolah, memiliki dua tahap kegiatan: 1) meningkatkan kemampuan guru kelas awal dalam mengajarkan kemampuan literasi dasar, dengan memperkenalkan metode pembelajaran dengan bantuan bertahap (scaffolding), yakni pengetahuan tentang fonem dan abjad, kelancaran membaca, dan pemahaman membaca; 2) mengembangkan kapasitas siswa kelas awal dalam membaca dan menulis menggunakan buku bacaan berjenjang yang dapat diuraikan dalam bahasa ibu di Sumba Timur. Beberapa kegiatan dari program mencakup:

  1. Melatih guru, awalnya selama empat hari, tentang konsep dasar literasi dan pengetahuan fonem, kemudian melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) sekali sebulan terkait materi yang akan diberikan pada bulan berikutnya.
  2. Menulis buku berjenjang yang dapat diuraikan dalam bahasa ibu.
  3. Mencetak buku berjenjang yang dapat diuraikan dalam Bahasa Indonesia.

Lokasi: Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Durasi: 12 September 2018 hingga 30 November 2019

Highlight program:

  • Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa
  • Meningkatnya praktik pengajaran guru
  • Meningkatnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan

 Website: yayasansulinama.com

Program rintisan: Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (kemitraan dengan Sulinama)