Program Rintisan: Literasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Litara dan OPOB)

 

Didirikan pada tahun 2013, Litara mengakomodir penulis dan illustrator yang memiliki visi yang sama – meningkatkan kualitas buku anak Indonesia melalui gambar-gambar yang kreatif dan cerita-cerita yang mengasyikkan, sehingga buku-buku tersebut dapat mewakili Indonesia di luar negeri. Litara juga berkeinginan untuk meningkatkan literasi anak Indonesia dan memupuk kecintaan akan membaca. Sementara itu, OPOB adalah organisasi berbasis masyarakat di Kalimantan Utara, berawal di tahun 2015 ketika ide “mengumpulkan buku bekas” untuk disumbangkan ke desa-desa terpencil dapat terwujud. Kegiatan misi sosial ini diinisiasi oleh seorang mahasiswa bernama Sarinah dari Universitas Borneo Tarakan. Ia memulainya sebagai usulan program kerja selagi menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Gerakan ini kemudian disambut baik oleh masyarakat. Salah satu visi dari komunitas ini adalah untuk melestarikan budaya membaca dari usia dini.

Fokus Program: Perpustakaan/Pusat Buku Masyarakat       

Kampanye Membaca untuk Kesenangan (Reading for Pleasure Campaign) KALTARA merupakan program yang diimplementasikan oleh koalisi Litara dan OBOB. Gerakan ini bertujuan untuk mempromosikan budaya membaca di Kabupaten Malinau di Kalimantan Utara, untuk melengkapi program literasi INOVASI yang telah dilaksanakan di 13 sekolah. Pencapaian kampanye ini diwujudkan melalui hal-hal berikut ini:

  1. Peningkatan akses anak-anak terhadap buku bacaan berkualitas dengan mendirikan pojok membaca di kelas atau pusat bacaan masyarakat di dekat sekolah.
  2. Peningkatan kesadaran pemangku kepentingan sekolah dan masyarakat akan budaya membaca melalui peningkatan partisipasi untuk mendirikan dan mengelola pojok membaca di sekolah dan pusat bacaan masyarakat.
  3. Peningkatan kapasitas sekolah dan warga masyarakat untuk memanfaatkan buku bacaan secara bermakna di kelas dan pusat bacaan masyarakat di dekat sekolah.

Lokasi: Malinau dan Bulungan, Kalimantan Utara

Durasi: 12 September 2018 hingga 11 September 2019

Highlight program:

  • Meningkatnya hasil pembelajaran siswa di bidang literasi
  • Meningkatnya fasilitas perpustakaan masyarakat dan program-programnya
  • Meningkatnya keterlibatan masyarakat di bidang pendidikan

Website: Litara.or.id 

Program Rintisan: Literasi Kelas Awal (Kemitraan dengan Litara dan OPOB)