Workshop dan Pameran Hasil Karya Literasi Dipamerkan di Temu INOVASI Kabupaten Sumenep

Sumenep, 30 November 2019 – Untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar khususnya di Kabupaten Sumenep, Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) menggelar kegiatan Temu INOVASI Pendidikan di Kabupaten Sumenep yang diselenggarakan di Aula PT Garam, Sumenep.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi terutama di kelas awal. Dihadiri oleh 150 undangan, selama satu hari kegiatan ini diisi dengan pameran karya literasi dan numerasi dari para guru, kepala sekolah, hasil karya siswa, dan workshop pembuatan bigbook (buku besar).

Program INOVASI di Kabupaten Sumenep diawali dengan studi pemetaan INOVASI pada tahun 2017. Hasil dari studi tersebut menemukan potensi sekolah-sekolah di Kabupaten Sumenep yang sudah menerapkan gerakan literasi yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di sekolah maupun komunitas masyarakat.

Pada September 2018, telah disepakati bahwa program rintisan Kabupaten Sumenep berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi di kelas awal, yang juga bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara.

Kegiatan ini telah berlangsung di Sumenep selama setahun dengan mendampingi 41 sekolah (SD dan MI) dan membentuk 31 fasilitator daerah (fasda) yang berkompeten dalam bidang literasi dan numerasi.

Menurut Silvana Erlina Provincial Manager INOVASI Jatim, potensi praktik menjanjikan yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Sumenep merupakan contoh praktik menjanjikan yang sangat layak diadopsi tidak hanya untuk skala kab / kota, namun juga skala nasional. “Hasil yang dicapai oleh guru dan pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan khususnya dalam kegiatan KKG, memberikan dampak yang positif dan menghasilkan solusi lokal dalam rangka menyelesaikan permasalahan pendidikan di Kabupaten Sumenep, salah satunya dalam bidang literasi dan numerasi,” terangnya.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Sumenep KH. Abuya Busyro Karim, M.Si memberikan dukungan dalam penerapan program literasi dan numerasi di Kabupaten Sumenep. Dukungan ini diwujudkan dengan adanya alokasi dana APBD untuk penguatan kapasitas pendidik dalam bidang literasi dan numerasi.

 

Tentang Program INOVASI

 Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan di jenjang pendidikan dasar. Bekerja langsung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), program INOVASI berupaya memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah-sekolah yang ada di berbagai kabupaten di Indonesia, terutama dalam hal kemampuan literasi dan numerasi. Implementasi program dilaksanakan di 17 kabupaten yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

Implementasi di Jawa Timur diawali dengan pelaksanaan riset dan studi pemetaan pada akhir tahun 2017 yang dilakukan dalam rangka menemukan inovasi pembelajaran jenjang pendidikan dasar di Jawa Timur. Penelitian tersebut menemukan 165 praktik menjanjikan dalam bidang literasi, numerasi dan inklusi. Praktik-praktik menjanjikan tersebut kemudian dipetakan kembali menjadi 27 praktik paling menjanjikan yang kemudian dipamerkan di acara Temu INOVASI Provinsi Jawa Timur pada tanggal 26 April 2018 yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, S.H, M.Hum. Selanjutnya, pada bulan Mei 2018 terpilihlah lima kabupaten/kota mitra program INOVASI, yaitu Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Sumenep.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa dan bagaimana INOVASI bekerja? Kunjungi website www.inovasi.or.id dan laman Facebook https://id-id.facebook.com/InovasiPendidikanAIP/

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Dian Kusuma Dewi

Communication Officer Program INOVASI Jatim

Phone 08111502034, email: dian.dewi@thepalladiumgroup.com

 

***

 

Workshop dan Pameran Hasil Karya Literasi Dipamerkan di Temu INOVASI Kabupaten Sumenep