Talkshow P4L #3: Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar – Literasi, Numerasi dan Inklusi

Jakarta, 12 Mei 2020 – Program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama  menyelenggarakan acara diskusi dan talkshow Kemitraan untuk Pembelajaran (Partnership for Learning) ke-3 yang digelar secara live streaming. Acara yang digelar dengan semangat memperingati Hari Pendidikan Nasional mengangkat tema “Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar: Literasi, Numerasi dan Inklusi” dan bertujuan untuk berbagi hasil dan pencapaian program peningkatan kualitas pendidikan yang dilakukan INOVASI berkolaborasi dengan 21 LSM, LPTK dan organisasi kemasyarakatan untuk membantu Pemerintah Daerah di 20 kabupaten/kota di empat provinsi mitra INOVASI, yaitu provinsi NTB, NTT, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.

Selain menjalankan berbagai program rintisan untuk meningkatkan pembelajaran literasi, numerasi, dan inklusi di empat provinsi, INOVASI pada tahun 2018 – 2019 juga telah menjalankan 34 program kemitraan dana hibah dengan  LSM, LPTK dan organisasi kemasyarakatan di Indonesia. Kemitraan tersebut telah memperluas cakupan program yang bertujuan membantu Pemerintah Daerah meningkatkan kualitas pembelajaran literasi, numerasi, dan inklusi. Upaya ini juga demi membangun kemitraan dan aliansi berkelanjutan antara sektor non-pemerintah, industri, dan pemerintah agar bersama-sama mengatasi tantangan pendidikan yang berdampak pada kualitas pembelajaran siswa kelas awal SD/MI. Mitra-mitra tersebut meliputi:

  1. CIS Timor
  2. Dompet Dhuafa Pendidikan
  3. Edukasi 101
  4. Forum Lingkar Pena
  5. Kolaborasi Literasi Bermakna
  6. Litara-OPOB
  7. Ma’arif NU
  8. Muhammadiyah
  9. Sahabat Pulau Indonesia
  10. Suluh Insan Lestari
  11. Taman Bacaan Pelangi
  12. Universitas BINUS
  13. Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  14. UINSA Surabaya
  15. Universitas Mataram
  16. Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (UNUSA)
  17. Universitas Negeri Makassar
  18. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  19. Yayasan Literasi Anak Indonesia (YLAI)
  20. Yayasan Sulinama
  21. Yayasan Tunas Aksara

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online melalui zoom video conference yang disiarkan secara live di YouTube INOVASI. Susunan acara meliputi sesi diskusi panel; sesi tanya jawab; video praktik baik kolaborasi dengan mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikan terkait isu literasi, numerasi, dan pendidikan inklusi; serta sesi dialog interaktif dan tanggapan langsung pemerintah pusat dan daerah.

Acara ini menjadi kesempatan baik untuk berbagi pemikiran yang solutif dan inovatif terkait dengan tema yang diangkat. Hal ini karena dibutuhkan kolaborasi dan peran aktif berbagai pihak dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh siswa Indonesia.

* * *

Talkshow P4L #3: Kolaborasi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar – Literasi, Numerasi dan Inklusi