Seminar Internasional: Tantangan dan Kesempatan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Negara-Negara Berkembang

Jakarta, 5 Oktober 2016 – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Seminar Internasional dengan tema Improving Education Quality in Developing Countries: Challenges and Opportunities bekerjasama dengan program kemitraan Indonesia-Australia, Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI). Seminar sehari ini diselenggarakan dengan menghadirkan pembicara kunci dari Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat yaitu Profesor Lant Pritchett yang membahas tentang pendekatan konteks spesifik untuk tantangan pembangunan di negara-negara berkembang.

Profesor Lant Pritchett pada seminar tersebut, memperkenalkan model pendekatan yang dirancang bersama rekan-rekannya yaitu Matt Andrews, and Michael Woolcock, yaitu Problem Driven Iterative Adaptation (PDIA). Ia mengemukakan bahwa dalam menjawab berbagai tantangan yang ada di negara-negara  berkembang, dibutuhkan solusi yang sesuai dengan konteks lokal dan tidak hanya menggunakan solusi yang sudah ada atau berdasarkan ‘praktek terbaik’. Menurutnya, banyak inisiatif reformasi atau upaya perbaikan di negara-negara berkembang belum berhasil mencapai perbaikan yang berkelanjutan dalam hal kinerja karena mereka hanya melakukan proses mimikri isomorfik (beradaptasi namun tanpa fungsi sesungguhnya).

Berkaitan dengan pendidikan, dalam sepuluh tahun terakhir, belanja pemerintah Indonesia pada sektor pendidikan telah jauh meningkat, demikian pula dengan jumlah peserta didik di sekolah – hampir seluruh anak Indonesia menerima manfaat layanan pendidikan. Walaupun kesempatan memperoleh pendidikan telah terbuka lebar, tetapi meningkatkan hasil pembelajaran di kelas tetap menjadi tantangan besar di Indonesia. Program Director INOVASI, Jessica Ludwig-Maaroof mengatakan, “Menggunakan pendekatan konteks spesifik, fokus program INOVASI tertuju pada pengembangan kegiatan rintisan atau pilot dengan konteks lokal untuk menjawab tentang apa yang terbukti berhasil dalam meningkatkan hasil pembelajaran di kelas, khususnya pada jenjang pendidikan dasar.”

Seminar internasional ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta, yang terdiri dari civitas akademika Universitas Negeri Jakarta, perwakilan dari berbagai LPTK di Jakarta, Dinas Pendidikan se-Jabodetabek, pihak kementerian, maupun praktisi pendidikan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut sebagai panelis adalah Guru Besar Pendidikan Matematika di Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang,  Prof. Dr. H. Zulkardi, dan Country Director Summer Institute of Linguistics (SIL), Veni Setiawati. Keduanya hadir untuk membahas pentingnya kemampuan berhitung dan membaca pada jenjang pendidikan dasar karena merupakan kemampuan fundamental yang sangat berguna sebagai bekal siswa dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari.

* * *

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

 Krishnamurti

Humas Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

humas@unj.ac.id

Annisaa Rachmawati

Communications & Advocacy Officer, INOVASI

annisaa.rachmawati@thepalladiumgroup.com

Seminar Internasional: Tantangan dan Kesempatan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Negara-Negara Berkembang