Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Mencanangkan Program INOVASI

Mataram, 8 Juni 2016 – Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Pemerintah Australia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) di kediaman Gubernur NTB pada 8 Juni 2016 bersamaan dengan acara buka puasa bersama para pemangku kepentingan di bidang pendidikan. INOVASI merupakan program pendidikan yang berfokus pada peningkatan mutu hasil pembelajaran literasi dan numerasi di tingkat pendidikan dasar.

Acara pencanangan program INOVASI dilaksanakan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MOU) antara Pemerintah Provinsi yang diwakili oleh Gubernur NTB Bapak Dr. TGH. M. Zainul Madji dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Bapak Totok Suprayitno serta disaksikan oleh Ibu Fleur Davis, Minister Konselor Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dari Kedutaan Besar Pemerintah Australia di Jakarta.

Menurut Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji, pencanganan program INOVASI ini menunjukkan tekad dan dukungan pemerintah bersama para mitra program mewujudkan provinsi NTB menjadi provinsi literasi. “Kami menyambut baik program INOVASI dijalankan di NTB untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran melalui penguatan hubungan antara lembaga pengajaran, sekolah, dan gugus sekolah,” tutur Gubernur NTB.

Program INOVASI akan bekerjasama dengan guru, orang tua, kepala sekolah, pemerintah kabupaten, dan pemangku kepentingan lain dalam mengujicobakan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran. Ujicoba yang dapat dilaksanakan termasuk penilitian tindakan kelas, peningkatan kapasitas guru dalam melakukan penilaian dalam kelas dan memberi umpan balik kepada siswa, serta peningkatan sistem pelaporan dan siklus umpan balik ke seluruh pemangku kepentingan, termasuk orang tua terkait dengan pembelajaran siswa dan kinerja.

Saat ini, Provinsi NTB masih berada di peringkat menengah ke bawah dari tingkat kelulusan UAN, menurut Bapak M. Suruji, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga NTB. “Kami berharap INOVASI dapat berkolaborasi di dalam sekolah terkait perencanaan pembelajaran dan pengajaran serta mendukung para pengawas untuk menjadi pemimpin pedagogis,” Suruji menambahkan.

* * *

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Mencanangkan Program INOVASI