Praktik Menjanjikan

Lombok Tengah: Media batu kerikil untuk belajar konsep penjumlahan

Siswa mengalami kesulitan dalam penjumlahan dua bilangan. Proses belajar masih menggunakan model terpusat, dengan guru sebagai pusatnya, dan kemampuan membaca siswa masih kurang. Akibatnya, siswa tidak paham sepenuhnya makna kalimat/instruksi…

Lombok Tengah: Media batu kerikil untuk belajar perkalian

Siswa kelas dua mengalami kesulitan dalam menyelesaikan perkalian yang hasilnya dua angka. Melalui proses identifikasi, diketahui bahwa minat dan kemampuan siswa dalam belajar numerasi (berhitung) perkalian masih kurang.

Lombok Tengah: Media pembelajaran jambu mete dan kartu numerik

Siswa kelas tiga mengalami kesulitan dalam memahami pembilang dan penyebut dalam pecahan biasa, yang setelah proses diidentifikasi hal ini disebabkan oleh kurangnya siswa berlatih mengidentifikasi dan membedakan pembilang dan penyebut…

Lombok Tengah: Ranting dan gambar bangun dua dimensi

Siswa kelas tiga mengalami kesulitan dalam berhitung, terutama dalam memahami pembilang dan penyebut dalam pecahan biasa. Hal ini ternyata disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam berhitung, selain itu metode mengajar…

JAWA TIMUR: Pendidikan Inklusi di ‘Sekolah Garasi’

Di MI Amanah, atau Sekolah Garasi, kurikulum dan program pembelajaran didesain sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan belajar anak-anak. Oleh karena itu, pendidikan inklusi dimaknai bukan semata-mata untuk anak-anak ABK. Bila…