Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tinggi Siswa (HOTS) dengan Big Book

Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Lorin Anderson menyatakan ada enam tingkatan pemikiran dalam sebuah proses pembelajaran yaitu 1) mengetahui, 2) memahami, 3) mengaplikasikan, 4) menganalisis, 5) mengevaluasi, dan 6)…

Belajar S-P-O dengan Media Pembelajaran ‘Papan Pintar Literasi’

Sebagai guru yang mengajar di kelas 1, tantangan terbesar yang dihadapi Nurul Ainia, S.Pd, guru Kelas 1 SDN Ngampelsari Sidoarjo, adalah dalam hal mengajarkan anak membaca, termasuk menyusun kata menjadi sebuah…

Memanfaatkan Benda-Benda Sekitar untuk Belajar Berhitung dengan Lebih Menyenangkan

Menjadi guru tidaklah mudah. Dengan tantangan pendidikan yang semakin besar dan dihadapkan dengan perubahan zaman yang semakin modern, guru saat ini dituntut untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif dalam…

Belajar Sambil Bermain Dengan ‘Ultrasi’, Si Ular Tangga Numerasi

Program peningkatan kemampuan numerasi siswa di jenjang kelas awal SD/MI telah diimplementasikan di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2018. Hal ini dengan pertimbangan bahwa pelajaran matematika masih menjadi pelajaran yang dianggap…

Dari Pembelajaran yang ‘Apa Adanya’ Menjadi ‘Ada Apanya’

Meskipun pembelajaran yang berpusat pada siswa telah lama digaungkan, tapi tampaknya tidak semua sekolah memiliki kapasitas untuk mengadopsi konsep tersebut. Di beberapa daerah dengan akses terhadap sumber daya yang cukup…

Bermain “Dadu Pintar” untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Oleh: M. Husen, S.Ag, guru kelas 3 MI As’adiyah Sukorame Pasuruan Agar siswa bisa belajar serba-serbi tentang hewan, cara berkembang biak, dan cara hidup hewan sambil sekaligus berliterasi, saya membuat…