Membantu anak bercerita kembali dengan menggunakan gambar dan buku kecil

Bisa memahami sebuah cerita bukan perkara mudah bagi siswa kelas 2 di SDN 013 Buluh Perindu, Bulungan, Kalimantan Utara. Di awal-awal program, Pak Ahmad Sulaiman mengakui bahwa siswa-siswa di kelasnya…

Belajar Nama Anggota Tubuh dengan Kartu Huruf dan Gambar

Berdasarkan pengalaman Dwi Nastiti Lestari selama tiga tahun mengajar di kelas 1 SDN Junrejo 02 Kota Batu, masa peralihan siswa dari jenjang TK ke SD cukup menjadi tantangan baginya. Berbagai…

Layanan Khusus untuk Siswa SD yang Lamban Membaca di Bulungan, Kalimantan Utara

Pendidikan dan peningkatan kualitas SDM merupakan salah satu fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan. Saat ini, salah satu tantangan di dunia pendidikan Indonesia adalah rendahnya kemampuan literasi dasar di…

‘Tangkel Ion’, Media Pembelajaran dari Batok Kelapa Karya Guru di Sumbawa Barat, NTB

Pada tahun 2018, Ludya Mirsafa, S.Pd. SD, guru di Guru SDN 11 Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, terlibat dalam salah satu program rintisan INOVASI, yaitu Guru BAIK (Belajar-Aspiratif-Inklusif-Kontekstual). ‚ÄúProgram…

Membantu Proses Pembelajaran Literasi Siswa dengan Permainan Tutup Kata

Oleh Rosdiana, Guru Kelas 3 SDN 017 Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Biasanya anak kesulitan menulis kata baru. Saya punya trik agar anak bisa mengenali kata baru sekaligus bisa menuliskannya….

Pembelajaran Efektif dan Inovatif untuk Siswa dengan Bermacam Kemampuan dan Disabilitas

Melalui proses pelatihan dan pendampingan, program Guru BAIK (Belajar-Aspiratif-Inklusif-Kontekstual) di Lombok Tengah, NTB bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK)…