Praktik Mengajar Inklusif di Masa Pandemi

Sri Ida Rohyani, S.Pd adalah seorang guru kelas 1 di SDN 3 Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Tahun lalu, ia menjadi salah satu Fasilitator Daerah (Fasda) program…


LKS Numerasi, Menarik dan Mampu Menantang Kemampuan Siswa

Untuk melaksanakan berbagai pelatihan sebagai bagian dari program, INOVASI telah melatih berbagai guru, kepala sekolah dan pengawas di masing-masing daerah untuk menjadi fasilitator dalam pelaksanaan pelatihan tersebut. Para Fasilitator Daerah…


Tertarik Mengerjakan LKS untuk Kelas 2 Meski Masih Kelas 1 SD

Terjadinya pandemi Covid-19 telah mempengaruhi sebagian besar kegiatan pelayanan publik oleh pemerintah, termasuk sektor pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 Tahun 2020, seluruh sekolah di Indonesia diatur untuk…


Pembelajaran ‘Luar Kelas’ di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat

Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi ini benar-benar menjadi pelajaran yang berharga bagi banyak pihak, termasuk mereka yang bekerja di bidang pendidikan. Ketika aktivitas pembelajaran berjalan tidak seperti biasanya, kepala sekolah…


Membuat Pembelajaran Lebih Kontekstual di Masa Pandemi

Di masa pandemi Covid-19 , pembelajaran tidak bisa dilangsungkan secara normal sebagaimana biasanya. Target kurikulum jelas tidak bisa terpenuhi. Dalam kondisi yang serba terbatas, para guru pun mulai selektif dalam…


‘Pahlawan Baca’ di Tengah Pandemi

Selama masa pandemi Covid-19, aktivitas belajar dari rumah adalah hal yang jamak disaksikan. Guru-guru di berbagai sekolah di berbagai daerah berupaya untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan berbagai keterbatasan masing-masing. Di…