Sumba Timur

Program Rintisan: Perpustakaan Ramah Anak dan Pengembangan Kapasitas SDM (kemitraan dengan Taman Bacaan Pelangi)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak-anak di wilayah sasaran, membangun sumber daya manusia melalui pendirian perpustakaan ramah anak yang menyediakan buku berkualitas untuk menginspirasi mimpi anak-anak dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan, terutama kemampuan literasi mereka. Taman Bacaan Pelangi akan bekerja dengan empat sekolah mitra INOVASI di Sumba untuk mendirikan empat perpustakaan ramah anak, yang akan memberikan manfaat bagi sekitar 750 siswa. 48 guru dan kepala sekolah akan berpartisipasi dalam lokakarya untuk meningkatkan kapasitas mereka. Taman Bacaan Pelangi akan melatih 2 fasilitator daerah dan 2 pejabat pemerintah. Para pemangku kepentingan lokal seperti pejabat pemerintah daerah, kepala desa, orang tua, dan perwakilan komite akan terlibat dalam program ini.

Program rintisan: Pembelajaran Inklusif (kemitraan dengan CIS Timor)
search-Image

Program rintisan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Program akan dilaksanakan selama 10 bulan di sembilan sekolah di Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Program ini akan menggunakan tiga pendekatan, yakni:

  1. Pelatihan dalam pendidikan inklusif
  2. Pelibatan masyarakat secara inklusif dalam mendukung Pendidikan anak di kecamatan Rindi
  3. Koalisi untuk perubahan dengan mendorong pemangku kepentingan pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan yang inklusif di Sumba Timur
Program rintisan: Pembelajaran Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (kemitraan dengan Sulinama)
search-Image

Program pengembangan kemampuan baca-tulis siswa kelas awal dengan buku ramah cerna kata dan buku berjenjang yang akan dilaksanakan di 9 sekolah di Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur. Program ini akan dilaksanakan selama 12 bulan dengan melibatkan 9 orang fasilitator lokal dan 27 guru kelas awal.

Program Rintisan: Peningkatan Literasi Dasar
search-Image

Program rintisan yang dimulai pada akhir tahun 2018 ini akan bekerja untuk memperkuat keterampilan literasi dasar dan mendukung guru untuk meningkatkan praktik mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selama beberapa bulan, para guru akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana menerapkan pendekatan pengajaran literasi dasar di kelas, termasuk membaca, memahami, menggunakan buku-buku besar, dan penilaian. Para guru yang berpartisipasi akan dapat memperoleh kredit untuk memajukan karir mereka dan INOVASI akan menerapkan kursus dalam kelompok kerja guru yang rutin, berbasis kelompok, menggunakan fasilitator lokal, untuk memastikan pelatihan terjangkau dan dapat direplikasi.

Di Mana Kami Bekerja