Kunjungan Pemantauan Bersama Kemendikbud, Kemenag, dan Pemerintah Australia untuk implementasi Program INOVASI di Pulau Sumba, NTT

Sumba, NTT, 20 Februari 2019 – Pemerintah Australia dan Indonesia melalui program kemitraan pendidikan, yaitu Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), berupaya untuk menemukan dan memahami cara-cara yang terbukti efektif meningkatkan hasil pembelajaran siswa – terutama yang berkaitan dengan pembelajaran literasi dan numerasi siswa di jenjang SD/MI kelas awal.

Fokus dari berbagai program rintisan yang dilakukan INOVASI adalah meningkatkan mutu pembelajaran literasi dan numerasi siswa melalui penguatan praktik mengajar guru di kelas; meningkatkan dukungan yang diberikan kepada guru; dan memastikan bahwa semua anak di kelas dapat belajar semaksimal mungkin. Seluruh proses dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan program rintisan, termasuk temuan dan pelajaran yang dipetik, terus menerus dipantau dan dievaluasi, kemudian dikemas menjadi berbagai materi informasi yang disebarluaskan ke berbagai pemangku kepentingan.

Pada tanggal 18-20 Februari 2019, kunjungan pemantauan implementasi program INOVASI di Pulau Sumba, NTT diselenggarakan. Para peserta yang merupakan perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud), Kementerian Agama RI (Kemenag), Kedutaan Besar Australia di Jakarta, serta pihak INOVASI, berkesempatan untuk mengunjungi beberapa sekolah yang terlibat dalam program rintisan INOVASI di Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Kunjungan Pemantauan Bersama Kemendikbud, Kemenag, dan Pemerintah Australia untuk implementasi Program INOVASI di Pulau Sumba, NTT