Lomba Inovasi Pembelajaran 2018 telah ditutup. Pemenang akan diumumkan pada bulan Desember. Terima kasih kepada semua peserta yang mengirimkan ide pembelajaran inovatif! Semoga Anda beruntung!

Pastikan Anda sudah “Like” halaman Facebook INOVASI untuk pengumuman dan informasi lebih lanjut.

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN LITERASI DAN
NUMERASI NUSA TENGGARA BARAT

Selamat datang peserta lomba!

Apakah Anda seorang guru SD/MI di Nusa Tenggara Barat yang memiliki ide pembelajaran inovatif? Kami mencari ide-ide pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di kelas – baik dalam hal literasi (membaca), numerasi (berhitung), ataupun dalam hal pendidikan inklusi.

SYARAT

Sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba, pastikan bahwa Anda memenuhi kriteria berikut ini:

1. Anda seorang guru sekolah dasar (kelas 1-6 SD) di NTB yang masih aktif mengajar.

2. Ide yang Anda kirimkan terkait dengan masalah kemampuan membaca dan berhitung siswa atau tentang pendidikan inklusi di kelas Anda.

3. Ide yang Anda kirimkan memberikan solusi untuk permasalahan tersebut di atas dan bisa diterapkan di daerah Anda.

4. Permasalahan Anda tersebut spesifik serta terkait dengan kompetensi inti / unsur dalam kemampuan membaca dan berhitung siswa. Berikan rincian tingkatan kelas dan kompetensi siswa dalam ide yang Anda ajukan. Selain itu, tujuan pembelajaran harus dijelaskan.

5. Solusi Anda sesuai dengan usia/tingkatan kelas yang berlaku.

6. Solusi Anda bisa digunakan untuk permasalahan lain di dalam kelas, dan guru lain juga bisa menggunakannya.

7. Solusi Anda merupakan sesuatu yang dapat dilakukan sendiri oleh seorang guru kelas.

 

Untuk meningkatkan kualitas pengajuan ide Anda, perlu diingat:

Literasi adalah kemampuan membaca, memahami dan menggunakan bahasa tertulis untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Numerasi adalah kemampuan untuk memahami angka dan konsep-konsep matematika dalam konteks yang beragam untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan inklusi mengacu pada strategi atau alat pembelajaran yang mendukung pendidikan untuk semua di dalam kelas, tanpa memandang jenis kelamin, latar belakang keluarga, atau apakah siswa memiliki hambatan belajar atau berkebutuhan khusus.

Inovasi mengacu pada metode, ide, atau cara baru dalam melakukan sesuatu guna memperbaiki suatu keadaan. Sebuah inovasi di dalam kelas tidak perlu rumit – bisa saja menggunakan sumber daya yang ada namun dengan cara yang unik, demi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Lomba tidak hanya terbatas inovasi pada media pembelajaran tetapi juga pengelolaan kelas, strategi pembelajaran, cara meningkatkan minat baca, atau evaluasi/assessment. Contoh: bagaimana guru/sekolah berinovasi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran ABK, bagaimana merespon perilaku negatif anak didik dengan pendekatan disiplin ramah anak.

Lomba Inovasi Pembelajaran dalam bidang Literasi dan Numerasi ini diluncurkan pada bulan Pendidikan Nasional untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Buku Nasional. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 23 September 2018.

Lomba ini hanya berlaku bagi guru-guru di NTB.

 

FORMAT

Ide yang dikirimkan harus dalam format yang telah ditentukan, yaitu:

(i) Video berdurasi 90 detik sampai 2 menit; dan/atau

(ii) 1 (satu) halaman paparan dengan 6 (enam) foto pendukung untuk menggambarkan ide dan inovasi Anda (dalam format PDF)

Untuk peluang menang yang lebih tinggi, kami sangat menganjurkan Anda untuk mengirimkan ide Anda dalam kedua format (tertulis dan video singkat maksimal 2 menit yang menguraikan inovasi). Namun, Anda juga boleh memilih salah satu (penjelasan tertulis atau video). Video yang dikirimkan dapat direkam melalui ponsel Anda.

 

KRITERIA SELEKSI

Ide yang dikirimkan akan diseleksi terlebih dahulu berdasarkan 7 (tujuh) kriteria utama pada bagian ’Syarat’.

Ide-ide yang terpilih kemudian akan dinilai berdasarkan kriteria teknis berikut ini:

1. Terbukti memberi hasil dalam meningkatkan pembelajaran siswa dan menjadi solusi terhadap masalah kemampuan membaca dan berhitung siswa

2. Menunjukkan hasil dan dampak yang positif terhadap kemampuan siswa dalam membaca dan berhitung.

3. Berpotensi untuk ditingkatkan (scale-up) dan digunakan oleh guru lainnya

4. Efektif secara biaya (ide inovasi harus berbiaya rendah ataupun tanpa biaya dan dapat direplikasi).

 

HADIAH

Sebanyak tiga peserta lomba akan dipilih sebagai pemenang untuk setiap kategori lomba. Akan ada pula tiga ide-ide paling menjanjikan yang terpilih untuk mewakili setiap kabupaten/kota. Para pemenang akan menghadiri acara penganugerahan pemenang yang diselenggarakan di Mataram pada bulan November 2018. Perwakilan pemerintah terkait akan hadir untuk memberikan penghargaan tersebut, dan INOVASI akan memprofilkan pemenang pada website dan laman Facebook INOVASI. Kami sangat menghargai ide-ide inovasi yang tercipta untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di NTB!

Hadiah yang diberikan akan sangat bernilai dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa di kelas.

 

PANEL JURI

Setelah peserta yang masuk dalam daftar pendek terpilih, panel juri akan memutuskan para pemenang lomba.

Panel juri tersebut terdiri dari perwakilan pemerintah daerah, serta perwakilan dari tim pendidikan dan tim komunikasi INOVASI.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN SEKARANG?

  1. Isi kotak-kotak di bawah ini
  2. Klik ‘Submit Inovasi’
  3. Unggah video dan PDF Anda secara terpisah menggunakan tombol ‘Unggah Video’ atau ‘Unggah PDF’. Anda akan dibawa ke folder unggahan Google Drive.
  4. Saat Anda mengunggah video atau PDF Anda, jangan lupa untuk memasukkan nama Anda, nama sekolah, dan kabupaten dalam nama file.
  5. Anda sudah selesai!
  6. Semoga beruntung!

 

Anda juga dapat mengirimkan materi hard copy/yang sudah di-print ke:

Palladium International Indonesia – INOVASI

Kantor Dikbud Provinsi NTB

Jl. Pendidikan No. 19A Mataram NTB, 83117

Indonesia

 

Untuk pertanyaan, silakan kontak:

INOVASI NTB-Mataram

0811 988 5694

INOVASI NTB-Bima

0811 988 5695

Atau email kami di: [email protected]

 

Untuk melihat beberapa pemenang di tahun 2017, klik di sini:

Bima: http://bit.ly/juara2017bima

Dompu: http://bit.ly/juara2017dompu