Praktik Menjanjikan

Dompu: GEMPITAMOR (gelas kopi tambura bernomor)

Siswa yang mengalami kesulitan mengenal lambang bilangan 5, 6, dan 9 padahal hal ini merupakan kemampuan dasar yang harus dituntaskan. Solusi ini diperoleh lewat workshop INOVASI, diskusi dengan fasilitator pendamping, yaitu dengan Identifikasi masalah kesulitan anak membuat media gelas kopi tambura bernomor.

Sumbawa Barat: Toro’ berbagi

Toro Berbagi berasal dari ide kreasi sendiri. Namun ketika workshop Guru BAIK, guru diajari untuk berpikir bagaimana menemukan ‘obat yang tepat dari sebuah penyakit’ di kelas. Bagaimana masalah bisa diatasi serta langkah-langkah menuju solusinya diperoleh dari kegiatan Guru BAIK. Sehingga, muncul ide setelah melihat permasalahan siswa dengan pembagian menggunakan soal cerita. Coretan desain di kertas dengan menggunakan gelas air mineral…

Sumbawa Barat: Media ukur

Ketika pembelajaran dengan teori, hanya 2-3 orang siswa yang dapat memahaminya. Terlebih untuk pengurangan bilangan desimal, hanya 50% dari seluruh siswa yang dapat mengerjakan soal. Menggunakan media ukur untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.

Lombok Utara: Eksplorasi gambar bangun datar

Siswa mengalami kesulitan dalam menggambar bangun datar dua dimensi berdasarkan ukuran yang ditentukan.

Lombok Utara: Media kulit kerang

Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan perkalian saat ditulis dalam soal cerita, kurang memahami fakta-fakta dan pertanyaan dari soal cerita perkalian.