Praktik Menjanjikan

Sumenep: Program Literasi

SDN Pabian sudah berdiri sejak tahun 1974, dan lokasinya berdekatan dengan pasar kayu dan bandara Trunojoyo di Sumenep. Adalah ibu Lilik Rosida Irmawati yang ditugaskan memimpin sekolah ini sejak tahun 2012, mulai sebagai PLT dan kemudian sebagai kepala sekolah difinitif pada tahun 2013. Ia adalah seorang yang menggemari dunia baca-tulis dan sastra sejak masih muda. Selain menjabat sebagai kepala sekolah,…

Sidoarjo: Magic Mirror & Tangga Cerita

SDN Sawocangkring, sebuah sekolah dasar negeri berstandar SSN (Sekolah Standar Nasional) yang terletak di kecamatan Wonoayu kabupaten Sidoarjo, adalah salah satu sekolah yang ditunjuk dan diberi SK oleh Dinas Pendidikan sebagai sekolah inklusi. SDN Sawocangkring memang telah menjalankan sistim pendidikan inklusi sejak tahun 2009. Setahun sebelumnya, SDN Sawocangkring membuat pengajuan sebagai sekolah inklusi karena adanya beberapa ABK, di mana saat…

Mojokerto: Inovasi pembelajaran buah kebersamaan di sekolah

Di era tahun ’90-an, SDN Kebondalem masih identik dengan image “sekolah buangan” dan “sekolah kandang sapi,” karena lokasinya yang dekat sawah-sawah dan kandang sapi. Namun, berkat kerja keras semua warga sekolah dan dukungan berbagai pihak, image sebagai sekolah terbelakang dan pinggiran ini perlahan-lahan berubah. Berbagai prestasi telah diukir, seperti juara UKS nasional (2006), RSBI (2009-2013), Sekolah Adiwiyata Nasional (2012), Sekolah…

Dompu: Menghitung dengan jambu mete

Siswa-siswa kelas tiga memiliki kesulitan mengerjakan penjumlahan bersusun panjang. Berdasarkan analisis masalah tersebut, guru pun mencari solusi kreatif yang mudah dilakukan dan medianya mudah didapatkan. Di sekitar sekolah banyak terdapat jambu mete, media jambu mete pun akhirnya digunakan.

Dompu: Bambu menghitung

SDN 33 Dompu adalah SD kecil di daerah persawahan. Siswa-siswa tidak bersemangat belajar Matematika, bahkan jarang datang ke sekolah. Tantangannya adalah bagaimana memancing ketertarikan anak-anak untuk belajar. Berdasarkan analisis masalah tersebut, yang menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah membuat anak-anak tertarik untuk belajar. Guru pun mencari solusi kreatif yang mudah dilakukan dan medianya  mudah didapatkan. Awalnya ide ini menggunakan kerikil dan…