Praktik Menjanjikan / Numerasi

Dompu: Menghitung dengan jambu mete

Siswa-siswa kelas tiga memiliki kesulitan mengerjakan penjumlahan bersusun panjang. Berdasarkan analisis masalah tersebut, guru pun mencari solusi kreatif yang mudah dilakukan dan medianya mudah didapatkan. Di sekitar sekolah banyak terdapat jambu mete, media jambu mete pun akhirnya digunakan.

Dompu: Bambu menghitung

SDN 33 Dompu adalah SD kecil di daerah persawahan. Siswa-siswa tidak bersemangat belajar Matematika, bahkan jarang datang ke sekolah. Tantangannya adalah bagaimana memancing ketertarikan anak-anak untuk belajar. Berdasarkan analisis masalah tersebut, yang menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah membuat anak-anak tertarik untuk belajar. Guru pun mencari solusi kreatif yang mudah dilakukan dan medianya  mudah didapatkan. Awalnya ide ini menggunakan kerikil dan…

Dompu: GEMPITAMOR (gelas kopi tambura bernomor)

Siswa yang mengalami kesulitan mengenal lambang bilangan 5, 6, dan 9 padahal hal ini merupakan kemampuan dasar yang harus dituntaskan. Solusi ini diperoleh lewat workshop INOVASI, diskusi dengan fasilitator pendamping, yaitu dengan Identifikasi masalah kesulitan anak membuat media gelas kopi tambura bernomor.

Sumbawa Barat: Toro’ berbagi

Toro Berbagi berasal dari ide kreasi sendiri. Namun ketika workshop Guru BAIK, guru diajari untuk berpikir bagaimana menemukan ‘obat yang tepat dari sebuah penyakit’ di kelas. Bagaimana masalah bisa diatasi serta langkah-langkah menuju solusinya diperoleh dari kegiatan Guru BAIK. Sehingga, muncul ide setelah melihat permasalahan siswa dengan pembagian menggunakan soal cerita. Coretan desain di kertas dengan menggunakan gelas air mineral…

Sumbawa Barat: Media ukur

Ketika pembelajaran dengan teori, hanya 2-3 orang siswa yang dapat memahaminya. Terlebih untuk pengurangan bilangan desimal, hanya 50% dari seluruh siswa yang dapat mengerjakan soal. Menggunakan media ukur untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.