NTB: ‘Guru harus bisa menurunkan ego dan belajar dari anak’

I Nyoman Tanaya, S.Pd, SD Matematika, bagi sebagian besar pelajar, mata pelajaran yang satu ini kerap menjadi momok. Rumus yang rumit, buku diktat yang tebal dan tak menarik, serta guru yang kurang inovatif dalam menyampaikan materi kerap ditengarai sebagai penyebab rendahnya minat siswa untuk menekuni pelajaran yang satu ini. Namun tak demikian dengan yang terjadi pada murid kelas 6 SDN…


Menggunakan bahan pembelajaran lokal di Bima

Yayu Yuliati, S.Pd – SDN Doridungga Bagi beberapa orang, merantau ke daerah atau negara lain kerap dianggap sebagai peluang emas. Sebuah cara yang dipercaya tak hanya memperluas cakrawala berpikir, namun juga mengembangkan jejaring pertemanan. Mereka yang kemudian berhasil di tanah rantau, tak jarang, lantas enggan kembali ke tanah kelahiran. Kenyamanan dan fasilitas yang serba ada kerap jadi alasan. Namun tak…


Menggunakan boneka untuk belajar

Muhammad Asyrul Riady, S.Pd – SDN 1 Dompu Musik adalah bahasa jiwa, begitu kata pujangga kenamaan berdarah Libanon, Khalil Gibran. Bila bagi kebanyakan kita, musik hanyalah satu dari sekian banyak pilihan untuk menenangkan jiwa, lain halnya dengan Asyrul Riady. Baginya, musik tak sekadar memuaskan dahaga jiwa, lebih dari itu, musik kerap menjadi pemantik ide-ide segar yang ia gunakan dalam proses…


Manfaatkan Bambu dan Biji Kopi untuk Membantu Proses Belajar di Dompu

Siti Nursaoda – SDN 07 Pekat, Dompu Mendidik anak-anak di daerah terpencil tentu bukan perkara mudah. Bukan cuma karena fasilitas yang terbatas. Sulitnya akses dan budaya setempat tak jarang kerap dituding sebagai faktor lain yang ikut jadi penghambat dalam proses mencerdaskan mereka. Konon, karena alasan-alasan itulah, tak banyak pendidik yang mau mengabdikan diri di daerah-daerah semacam ini. Namun tak demikian…


NTB: ‘Konsep PDIA yang diusung INOVASI sejak awal membuat program ini berbeda’

Drs. Giyanto, M. Pd – Fasilitator Nasional INOVASI Karena hidup tak ubahnya serangkaian proses pembelajaran, di mana untuk menjadi seorang pembelajar kehidupan, bersikap terbuka pada setiap ilmu baru sudah menjadi keharusan, tak peduli dari mana datangnya ilmu-ilmu tersebut. Berbekal keyakinan itulah, tak heran bila kemudian Giyanto tak pernah jumawa meski sudah bertahun-tahun memiliki pengalaman dalam memfasilitasi pelatihan-pelatihan guru. Sebaliknya, ia…