Program-program rintisan

Program-program rintisan yang dikembangkan INOVASI berfokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar, terutama di kelas-kelas awal. Berbagai bentuk kegiatan program rintisan bertujuan untuk memperkuat praktik pengajaran di ruang kelas, meningkatkan bentuk dukungan yang diberikan kepada guru, serta memastikan bahwa semua anak di kelas dapat belajar sesuai potensinya masing-masing.

Program-program rintisan INOVASI secara umum akan:

– Mengatasi permasalahan utama yang   telah diidentifikasi di daerah
– Sesuai dengan kebijakan nasional, dimana pelajaran yang dipetik digunakan untuk membekali praktik kebijakan
– Diimplementasikan melalui berbagai forum Kelompok Kerja Guru (KKG)
– Dievaluasi untuk melihat sampai sejauh mana hasil belajar siswa dapat lebih ditingkatkan

Seluruh proses mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan program rintisan – termasuk temuan tentang cara-cara yang terbukti berhasil maupun tidak berhasil, akan dievaluasi serta disusun dan didokumentasikan ke dalam berbagai bentuk materi untuk dapat dikomunikasikan secara luas.

Klik link lokasi di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang program-program rintisan INOVASI.

JAWA TIMUR

INOVASI melakukan studi pemetaan praktik-praktik inovasi pendidikan di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Timur pada akhir 2017.


KALIMANTAN UTARA

Kesepakatan Bersama (MOU) untuk implementasi program di provinsi ini ditandatangani pada bulan Desember 2017. Di Kalimantan Utara, program INOVASI diimplementasikan di dua kabupaten yaitu Bulungan dan Malinau.


NUSA TENGGARA BARAT (NTB)

NTB merupakan provinsi mitra pertama INOVASI. Kesepakatan Bersama (MOU) untuk implementasi program ditandatangani pada bulan Juni 2016. Di provinsi ini, program INOVASI diimplementasikan di enam kabupaten yaitu Bima, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Utara dan Lombok Tengah.


NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

Kesepakatan Bersama (MOU) untuk implementasi program INOVASI di Pulau Sumba, NTT ditandatangani pada bulan November 2017. Di provinsi ini, program INOVASI diimplementasikan di seluruh kabupaten yang ada di Pulau Sumba, yaitu kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur.